Tayamumnya tidak sah sedangkan kedudukan shalatnya hanya semata mata lihurmatil waktu (memuliakan waktu), bisa sah jika bawa debu dari darat.
- syarah bajuri juz 1 shohifah 201:
تتمة علي قاقدالطهورين وهماالماءوالتراب ان يصلي الفرض لحرمة الوقت ويعيده إذاوجداحدهما
Bagi orang yang tidak mendapatkan alat bersuci yaitu air dan debu,maka ia wajib shalat fardhu demi menghormati waktu dan wajib mengulanginya kembali jika mendapatkan salah satu dari keduanya.
[ Almajmu' juz 2 shohifah 245 ].
اماالحكم المسألة فمذهبنأنه لايصح التيمم إلابترابهذاهوالمعروف في المذهب وبه قطع الأصحاب وتظاهرت عليه نصوص الشفعي وحكي الرفعي عن ابن عبدالله الحناطي بالحاء المهملة والنون انه حكي في جوازالتيمم بالذريرة والنورة والزرنيخ والاحجارالمدقوقة والقواريرالمسحوقة وأشبههاقولين للشفعي وهذانقل غريب ضعيف شاذمردودوانمااذكره للتنبيه عليه لئلايغتربه والصحيح في المذهب انه لايجوزإلابتراب وبه قال احمدوابن المنذروداودقال الازهروالقاضي ابوالطيب هوقول اكثرالفقهاءوقال ابوحنيفة ومالك يجوزبكل اجزاءالارض حبي بصخرة مغسولة وقال بعض اصحاب مالك جوزبكل مااتصل بالارض كالخشب والثلج ثلاثة اقوال لاصحاب ماف احدهايجوز
Tayamum yang biasa dilakukan dipesawat, atau di bus dengan menggunakan media kursi atau kaca dianggap tidak sah karena meski ada debunya tapi tidak memenuhi sarat untuk tayamum, kedudukan sholat dalam keadaan seperti itu semata-mata hanya untuk lihurmatil waqti.
(referensi ahkamul fuqoha keputusan muktamar NU KE-28 di pondok almunawir krapyak tgl 26-29 robiul akhi 1410H/25-28 Nopember 1989M).
Salah satu kitab rujukannya adalah albajuri 1 hal 102 :
تتمة على فاقد الطهورين وهما الماء والتراب ان يصلى الفرض لحرمة الوقت ويعيده اذا وجد احدهما......
"Bagi orang yang tidak mendapatkan air dan debu,maka ia harus melaksanakan sholat fardhu demi menghormati waktu dan kemudian mengulanginya kembali jika telah mendapatkan salah satu dari keduanya.
Wallohu a'lam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar