Waktu saya kecil, setiap selesai belajar Al-Qur`an saya selalu menciumnya.
Ini ajaran orang tua saya.
Kebiasan ini kemudian saya teruskan kepada anak-anak saya.
Saya yakin ini adalah kebiasaan yang baik.
Ada yang bilang mencium Al-quran Bid'ah,tidak ada zaman Rosulnya,mungkin orang tersebut gak mikiryah,pada zaman rosul alquran blm dibukukan mau nyium apa,ada-ada aja ngomongnya ga mikir dulu,Wahabi/Wawasan Hanya Bid'ah.
Maka saya mau tanta...
Bagai mana hukum mencium mushaf beserta dalilnya? Atas penjelasannya saya ucapkan terima kasih.
Wassalamu ’alaikum wr. wb
Jawaban :
Assalamu’alaikum wr. wb Penanya yang budiman, semoga selalu dirahmati Allah swt.
Bahwa kebiasaan mencium mushaf pada dasarnya lebih karena mengagungkan Al-Qur`an yang berisi petunjuk dari Allah swt.
Sedang mengenai hukum mencium mushaf itu sendiri menurut keterangan yang terdapat dalam kitab al-Itqan fi ‘Ulumil Qur`an yang ditulis oleh Jalaluddin as-Suyuthi adalah sunah.
Alasannya yang dikemukakan beliau adalah bahwa sahabat Ikrimah bin Abu Jahl sering melakukan hal tersebut.
Di samping itu karena mushaf Al-Quran adalah anugerah dari Allah swt. Karenanya, kita disunahkan untuk menciumnya sebagaimana kita disunahkan mencium anak kecil kita.
Alasan lain yang dikemukakan sebagian ulama—sebagaimana dikemukakan Jalaluddin As-Suyuthi—adalah bahwa kesunahan mencium mushaf itu dikiaskan atau dianalogikan dengan kesunahan mencium Hajar Aswad.
يُسْتَحَبُّ تَقْبِيلُ الْمُصْحَفِ لِأَنَّ عِكْرِمَةَ بْنَ أَبِي جَهْلٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ كَانَ يَفْعُلُهُ وَبِالْقِيَاسِ عَلَى تَقْبِيلِ الْحَجَرِ الاَسْوَدِ ذَكَرَهُ بَعْضُهُمْ وَلِأَنَّهُ هَدْيُهُ مِنَ اللهِ تَعَالَى فَشِرعَ تَقْبِيلُهُ كَمَا يُسْتَحَبُّ تَقْبِيلُ الْوَلَدِ الصَّغِيرِ
“Disunahkan mencium mushaf karena Ikrimah bin Abu Jahl melakukaknnya, dan (dalil lain) adalah dengan dikiaskan dengan mencium Hajar Aswad sebagaimana disebutkan oleh sebagian ulama, dan karena mushaf Al-Qur`an merupakan anugerah dari Allah swt. Karenanya disyariatkan menciumnya seperti disunahkannya mencium anak kecil.
(Lihat Jalaluddin As-Suyuthi, al-Itqan fi ‘Ulumil Qur`an, Bairut-Dar al-Fikr, juz, II, h. 458).
KETERANGAN TAMBAHAN :
ذهب جمهور الفقهاء الحنفية والشافعية والحنابلة إلى أنه يجوز تقبيل المصحف ولا حرج في ذلك، فقد فعل ذلك سلفنا الصالح رضوان الله عليهم، وفعل ذلك عبد الله بن عمر وعثمان بن عفان، وعكرمة بن أبي جهل.
ولكن الذي نود أن نشير إليه هو أن الإكرام الحقيقي لكتاب الله أن نجعله دستورا ومنهج حياة، وأن نحل حلاله ونحرم حرامه ونقيم حدوده، نتخلق بأخلاقه ونتأدب بآدابه، نتلوه ونتدارسه ولا نهجره.
جاء في الموسوعة الفقهية الكويتية ما يلي:
ذكر الحنفية : وهو المشهور عند الحنابلة – جواز تقبيل المصحف تكريما له , وهو المذهب عند الحنابلة , وروي عن أحمد استحبابه , لما روي عن عمر رضي الله عنه أنه : كان يأخذ المصحف كل غداة ويقبله , ويقول : عهد ربي ومنشور ربي عز وجل , وكان عثمان رضي الله عنه يقبل المصحف ويمسحه على وجهه . وقال النووي في التبيان : روينا في مسند الدارمي بإسناد صحيح عن ابن أبي مليكة أن عكرمة بن أبي جهل كان يضع المصحف على وجهه ويقول : كتاب ربي كتاب ربي . ونقل صاحب الدر عن القنية : وقيل : إن تقبيل المصحف بدعة , ورده بما تقدم نقله عن عمر وعثمان . وروي كذلك عن أحمد : التوقف في تقبيل المصحف , وفي جعله على عينيه , وإن كان فيه رفعه وإكرامه , لأن ما طريقه التقرب إذا لم يكن للقياس فيه مدخل لا يستحب فعله , وإن كان فيه تعظيم إلا بتوقيف , ولهذا قال عمر عن الحجر : لولا أني رأيت رسول الله ﷺ يقبلك ما قبلتك . ولم نعثر في كتب المالكية على حكم لهذه المسألة.
اقرأ المزيد في إسلام أون لاين
Demikian jawaban singkat yang dapat kami kemukakan. Semoga bisa dipahami dengan baik. Sering-seringlah membaca Al-Qur`an dan merenungkan kandungan maknanya karena itu merupakan anugerah dan petunjuk Allah swt. Kami selalu terbuka untuk menerima saran dan kritik dari para pembaca.
Wallahul muwaffiq ila aqwamith thariq Wassalamu’alaikum wr. wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar